MELAYANI MASYARAKAT DENGAN SEPENUH HATI DENGAN MOTTO 5 S (SALAM, SENYUM, SAPA, SOPAN DAN SANTUN)DENGAN MOTTO NAGARI

Artikel

Hebat, Seluruh Nagari di Padangpariaman akan Miliki Jaringan Internet

25 Januari 2019 12:08:13  Pemnag Kurai Taji Timur  350 Kali Dibaca  Berita Nagari

Paritmalintang - Program pengembangan pedesaan di Padang Pariaman yang diberi nama Smart Nagari terus dipacu Pemerintah Kabupaten. Lewat program smart nagari ini Bupati Ali Mukhni terus menyemangati nagari-nagari berlomba menampilkan pelayanan terbaik untuk memudahkan warganya. Hal ini sejalan dengan slogan Bupati terinovatif ini yaitu "saatnya masyarakat menikmati".

"Kami mengharapkan "Smart Nagari" dapat menjadi payung bagi nagari untuk mengembangkan program-program inovatif berbasiskan teknologi. Tentunya dibawah binaan dan bimbingan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti Dinas Kominfo, Dinas PMD, Bapelitbangda dan lain-lain, kata Ali Mukhni di ruang kerjanya Kamis 24/1.

Smart Nagari sendiri adalah program pengembangan nagari yang digagas kabupaten Padang Pariaman untuk mendekatkan pelayanan publik ke level pedesaan. Setiap nagari didesain memiliki program terintegrasi yang memadukan antara penggunaan teknologi, kegiatan ekonomi produktif, peningkatan pendidikan-kesehatan dan upaya pengentasan kemiskinan.

Untuk mendukung program 'smart nagari' ini, Pemerintah Daerah melalui Dinas Kominfo akan mengalirkan internet berbasiskan serat optik (fiber optic) pada 103 nagari di Padang Pariaman ditahun ini. Sedangkan seluruh OPD, Kecamatan dan Puskesmas telah terkoneksi dan teraliri internet dengan kabel FO sejak tahun lalu.

"Jadi, Smart Nagari ini bukan sekedar gaya, tapi kebutuhan melayani masyarakat. Dan ini juga, bagian dari  program Padang Pariaman menuju Smart City," imbuh Ali Mukhni.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Padang Pariaman, Zahirman, menjelaskan "Smart Nagari" merupakan sebuah aplikasi pelayanan publik yang berbasikan Teknologi Informasi. Dimana melalui aplikasi ini, Kepala Daerah dapat memantau kegiatan ekonomi produktif, kegiatan pelayanan publik, peningkatan pendidikan, kesehatan dan upaya pengentasan kemiskinan di Nagari.

"Melalui platform yang berada di Command Centre Padang Pariaman, sistem informasi smart nagari yang terintegrasi dengan web nagari dapat diakses secara langsung," terang mantan Kabag Humas Padangpariaman ini.

Kemudian, Zahirman memaparkan, melalui aplikasi smart nagari, pemerintahan nagari dapat melayani pengurusan surat secara online. Dengan demikian akan mempercepat pembuatan surat dan masyarakat cukup sekali saja datang ke kantor nagari untuk pengembilan suratnya.

Program Smart Nagari ini, dirancang dan dibuat oleh Dinas Kominfo bersama Politeknik Negeri Padang.

"Ini merupakan salah satu bentuk kegiatan dari MOU Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dengan Politeknik Negeri Padang", jelas Zahirman.

"Untuk menunjang kelancaran Smart Nagari, setiap Nagari akan dilengkapi satu operator yang telah dilatih secara intensif oleh Dinas Kominfo. Mereka diberi pelatihan seputar pengetahuan internet, pengoperasian pelayanan publik berbasiskan TIK, hingga pemanfaatan internet marketing.

Tahap pertama ini, dipilih 3 Nagari sebagai pilot project. Namun demikian sampai akhir tahun 2019, ditargetkan seluruh nagari sudah dibuatkan dan menggunakan aplikasi ini". ujar Zahirman. (ZK)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Nagari

Back Next

Statistik Penduduk

Arsip Artikel

Agenda

Sinergi Program

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Nagari

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jln. Raya Lubuk Alung - Pariaman Kurai Taji Kec. Nan Sabaris KM.15
Nagari : Kurai Taji Timur
Kecamatan : Nan Sabaris
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25571
Telepon : 085263217140
Email : nagarikuraitajitimur@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:60
    Kemarin:505
    Total Pengunjung:306.692
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.25.88.3
    Browser:Mozilla 5.0