MELAYANI MASYARAKAT DENGAN SEPENUH HATI DENGAN MOTTO 5 S (SALAM, SENYUM, SAPA, SOPAN DAN SANTUN)DENGAN MOTTO NAGARI

Artikel

5E / Wali Nagari Jadi Agen Perubahan Sebuah Nagari

23 Juli 2019 21:45:22  Pemnag Kurai Taji Timur  365 Kali Dibaca  Berita Nagari

Wali Nagari memiliki peranan penting dalam pembangunan Nagari, karena setelah lahirnya Undang Undang Desa dan adanya Dana Desa menjadi tumpuan pembangunan bangsa. Dan selain itu Wali Nagari harus mampu menggerakan seluruh elemen masyarakat untuk menuju cita cita yang tertuan dalam RPJMNag yang tak lepas dari keselarasan dengan RPJMD dan RPJMN.

Oleh sebab itu seorang Wali Nagari selain memenuhi syarat normatif sebagaimana diatur dalam peraturan perundang undangan dibutuhkan niai plus untuk mampu mengembang amanah nagari. Adapun 3 hal dasar yang perlu dimiliki oleh Seorang Wali Nagari adalah :

  1. Knowledge ( Pengetahuan ), Pengetahuan Wali Nagari sangat mempengaruhi keputusan yang diambilnya. Karena kualitas keputusan sangat dipengaruhi oleh Pengetahuan Wali Nagari. Apabila seorang Wali Nagari tidak memiliki pengetahuan di bidang anggaran, tentu anggaran tidak akan terencana dengan baik dan tereksekusi dengan baik pula. Bisa jadi gizi buruk terjadi saat Wali Nagari tidak tahu tentang penanganan gizi buruk dengan cara menganggarkan bidang kesehatan  yang baik. Pengetahuan Wali Nagari dapat didukung dengan memaksimalkan Perpustakaan Nagari, baik secara online dan offline. Dengan Perpustakaan yang menyajikan informasi atau pengetahuan, maka Wali Nagari dan masyarakat akan mudah untuk mendapatkan dan memanfaatkan pengetahuannya.
  2. Skill ( Keterampilan ), Selain pengetahuan, maka dibutuhkan ketrampilan. Ketrampilan ini diperoleh dari pengalaman, kebiasaan atau latihan. Seorang Wali Nagari akan trampil membaca peraturan perundang undangan yang lengkap dengan interpretasi ( penafsiran ) nya akan mempercepat memahami regulasi dan tidak salah menafsirkan suatu peraturan perundang undangan. Maka Keterampilan Leal Reading ( membaca hukum ) perlu dimiliki dan ditingkatkan.
  3. Attitude ( Perilaku ), selain pengetahuan, ketrampilan maka attitude atau perilaku yang baik seperti kejujuran atau integritas perlu dimiliki seorang Wali Nagari. Karena integritas akan membangun kepercayaan dan kepercayaan akan memudahkan seorang Wali Nagari menggerakan perangkat juga masyarakatnya.

3 Hal tersebut perlu dimiliki secara dasar oleh seorang Wali Nagari. Selanjutnya untuk menghadapi era teknologi informasi dan komunikasi, maka seorang Wali Nagari perlu memiliki 5E kriteria, yaitu:

  1. ENVISION, Envision adalah memiliki visi yang jelas, apa yang dipikirkan, apa yang dilakukan dan apa yang dicapai untuk masa depan, sehingga perangkat dan masyarakat bisa mengikuti dan membantu visi seorang Wali Nagari.
  2. ENGAGE, Engage adalah mengikutsertakan orang lain dalam mengambil keputusan maupun dalam mencapai tujuan. Mampu membangun hubungan baik dengan semua pihak dan mampu berkolaborasi dengan pihak pihak yang membangun Nagari.
  3. ENERGIZE, Energize adalah mampu memotivasi atau menggerakan pihak lain dengan baik. Mengingspirasi warga Nagari untuk membangun bersama, sehingga keterlibatan masyarakat sebagai indikator pembangunan bisa lebih tinggi.
  4. ENABLE, Enable adalah selalu membangun kapasitas diri maupun masyarakat dan menerapkan dalam mencapai tujuan Nagari.
  5. EXECUTE, Executi adalah mampu melaksanakan program program baik nagari maupun pemerintah daerah dan pusat sebaik baiknya. Sehingga mencapai tujuan bersama.
WN
18 Januari 2020 17:37:55
Perfect bgt pak sekr ... moga ini sebagai tolok ukur yg harus diasah seorang pimpinan di nagari/desa

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Nagari

Back Next

Statistik Penduduk

Arsip Artikel

26 Agustus 2016 | 28.101 Kali
Sejarah Nagari
29 Juli 2013 | 27.740 Kali
Profil Desa
22 April 2019 | 27.652 Kali
Profil Wilayah Nagari
24 Agustus 2016 | 27.541 Kali
Data Desa
29 Juli 2013 | 27.482 Kali
Kontak Kami
29 Juli 2013 | 27.453 Kali
Lembaga Kemasyarakatan
24 Agustus 2016 | 27.281 Kali
Pemerintahan Nagari

Agenda

Sinergi Program

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Nagari

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jln. Raya Lubuk Alung - Pariaman Kurai Taji Kec. Nan Sabaris KM.15
Nagari : Kurai Taji Timur
Kecamatan : Nan Sabaris
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25571
Telepon : 085263217140
Email : nagarikuraitajitimur@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:285
    Kemarin:524
    Total Pengunjung:308.107
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.25.88.3
    Browser:Mozilla 5.0